Sabtu, 16 Agustus 2008

P 3 Buat Komputer Yang Ngadat

Ketemu kembali dengan cah Mbatang. Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi ilmu buat pertolongan pertama untuk kompi kita yang ngadat. Ada beberapa cara/langkah yang harus kita ambil untuk mengatasi gangguan ringan yang sering terjadi pada kompi kita, yaitu :
  1. Tenangkan pikiran/jangan tegang (ambil air wudhlu) dan berdoa biar hati dan pikiran tenang jadi kita kerja bisa lebih maksimal.
  2. Langkah kedua identifikasi terhadap masalah yang terjadi.
  3. Langkah terakhir penyelesaian masalah yang terjadi pada komputer kita
Setelah kita tenangkan pikiran dan baca basmalah selanjutnya kita langsung identifikasi permasalahan pada komputer kita. Permasalahan yang sering terjadi biasanya terletak pada :
  1. Memory kita yang rusak/trobel atau cuma kotor biasanya akan ada tanda bunyi beep...beep...beep..trus menerus.
  2. Vga kita yang rusak, kotor atau hanya pasangnya yang kurang pas, biasanya bunyi beep cuma sekali.
  3. Hardisk yang tidak detek atau rusak.
  4. Processor yang hang.
  5. Power supply yang mati atau udah lemah.
Langkah terakhir adalah kita berusaha memperbaiki kompi kita setelah yakin akan permasalahan yang ada, yaitu :
  • Apabila permaslahan pertama timbul maka coba anda lepas memorinya kemudian anda bersihkan (bisa dengan stip/penghapus yang baik) jangan lupa slot memori juga ikut dibersihkan. Kalau anda beruntung kompi anda bisa langsung nyala, tapi kalau tidak berarti anda harus menggantinya dengan memory yang baru.
  • Apabila vga kita dalam bentuk card tidak onboard coba anda lepas vganya kemudian bersihkan dan pasang lagi dengan benar.
  • Penanganan hardisk harus benar-benar hati-hati. Coba anda cek dulu semua kabel power atau kabel datanya apakah sudah terpasang dengan benar. Karena apabila kabel power dan datanya tidak terpasang dengan benar menyebabkan hdd tidak terdetek.
  • Processor yang hang biasanya terjadi karena tidak mendapatkan pendinginan yang baik. Kita lepas kipas processornya kemudian kita bersihkan dari debu, selanjutnya kita pasang lagi.(jangan lupa untuk kasih pasta di processor secukupnya)
  • Apabila kompi anda mati pet ndak bisa nyala coba lepas PS(power supply) dan cek diluar casing unit (caranya ceknya coba pasang kabel power kemudian di konektor yang dapet board hubungakan dengan kawat antara kabel hijau dengan hitam apabila nyala berarti bukan powernya). Coba ganti kabel powernya.
Sebenarnya masih banyak cara buat kita perbaiki kompi kita yang ngadat. Maaf hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat
by cah Mbatang

Tidak ada komentar: